Menghafal Al Qur'an

Diantara keutamaan Al Quran adalah mudah untuk dihafal sebagaimana ia mudah diingat dan difahami. Sebagaimana dijelaskan dalam alquran surat alqomar:17.
Hal itu dikarenakan lafadz-lafadz,kalimat-kalimat dan ayat-ayat dalam alquran memiliki susunan yg sistematis, sedap dan ringan sehingga memudahkan utk dihafal bagi setiap orang yg bermaksud menghafalnya dan menjiwainya dan menjadikan hatinya sebagai wahana bagi alquran itu.
Fakta membuktikan bahwa banyak diantara kaum muslimin yg hafal al quran dan kebanyakan dari mereka adalah anak-anak.
Kalau kita mau meneliti orang-orang non muslim, umat kristen misalnya, kita tidak akan menemukan satupun diantara pengikutnya yang hafal akan isi kitab sucinya secara keseluruhan atau sebagiannya bahkan seperempatnya sekalipun.
Berbeda dengan alquran, org yang tidak mengerti bahasa arab sekalipun mampu menghafalnya dengan baik. Bahkan ada orang kristen yang berusaha menghafal al quran dan mendidik anak2nya agar hafal alquran sejak kecil. Subhanalloh...
Belakangan ada yg berdalih,untuk apa mengajari anak kecil menghafal alquran, sementara mereka tdk memahaminya? Apa gunanya pula membaca al quran kalau tidah memahaminya?
Anggapan tersebut tentunya tidaklah tepat jika disasarkan kepada alquran. Alquran memiliki keutamaan tersendiri. Membacanya saja menjadi nilai ibadah. Sementara anak-anak yang menghafal alquran, biarlah ia menghafalnya dahulu, kelak setelah dewasa ia akan memahaminya. Bukankah ada pepatah menyebutkan bahwa belajar di waktu kecil bagaikan mengukir diatas batu. Akan membekas kuat selamanya. Wallohu a'lam bisshowab..

Related Posts



Widget by Hoctro | Jack Book

posted under |

0 comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

Komunitas

My BlogCatalog BlogRank blog-indonesia.com
BlogFam Community

Tempat Cari Duit

Adsense Indonesia

diary di2npengen tukeran link?
copas aza link berikut!
    top

    Untuk berlangganan
    Tuliskan Email kamu


Recent Comments